Kenali Perbedaan STB Luby 01 dan 02 Sebelum Beli

Perbedaan STB Luby 01 dan 02 - Set Top Box atau STB saat ini menjadi hal yang wajib dimiliki pemilik televisi analog untuk menonton siaran digital.


Perbedaan STB Luby 01 dan 02
Perbedaan STB Luby 01 dan 02

Perbedaan STB Luby 01 dan 02 - Set Top Box atau STB saat ini menjadi hal yang wajib dimiliki oleh pemilik televisi analog. Untuk kebanyakan televisi modern saat ini memang sudah mendukung siaran langsung tanpa tambahan STB. Tetapi untuk televisi keluaran lama, ada beberapa tipe yang memerlukan tambahan STB untuk dapat menampilkan siaran digital. Alat ini nantinya berfungsi untuk mengkonversi sinyal analog menjadi sinyal digital.

Perangkat ini dijual secara bebas dan bahkan di pinggir jalan pun Anda bisa menemukannya. Ada pula yang mendapatkannya gratis dari program pemerintah. Namun, jika Anda hendak membelinya, pastikan produk tersebut telah terdaftar di kominfo agar bisa digunakan dengan baik.

Salah satu produk yang saat ini banyak dicari dan digunakan adalah STB luby.  Ada beberapa tipe yang dikeluaran varian ini. Salah satunya adalah STB luby 1 dan 2. Lalu apakah perbedaan STB Luby 01 dan 02? Yuk kita akan membahas selengkapnya. 

Perbedaan STB Luby 01 dan 02

STB Luby di produksi oleh PT Luby Indonesia yang sebelumnya telah menghadirkan berbagai alat elektronik seperti lampu. Beberapa bulan terakhir Luby menghadirkan produk baru yaitu Set Top Box. Tentu dengan berbagai pengalamannya tentang produk elektronik, tentu kualitas dari STB ini tidak diragukan lagi. Untuk memperjelas kembali tentang produk ini, kita akan membahas perbedaan STB Luby 01 dan 02.

1. Jumlah Port USB

Pada Luby 01 memiliki keunggulan dari sisi jumlah port usb. Jenis Luby ini memiliki jumlah port USB sejumlah 2. Sedangkan pada Luby 02 hanya dibekali 1 port USB yang berada di STB. Untuk port HDTV untuk keduanya tidak ada perbedaan, hanya dibekali 1 saja.

2. Kapasitas Memori

Berkebalikan dengan jumlah port, STB Luby 02 memiliki keunggulan dalam kapasitas memory. Luby 02 memiliki kapasitas memori sebesar 4MP sedangkan Luby 01 hanya 32 Mbit. Tentu dengan 4 MP memori kinerja STB akan semakin baik.

3. Tampilan Menu

Tampilan menu memiliki daya tarik tersendiri untuk membuat tampilan tidak membosankan. Menu utama Luby 01 terkesan jadul dengan tampilan kotak kotak. Sedangkan pada Luby 02 lebih terlihat minimalis dan lebih enak untuk dilihat.

4. Konektivitas

Hal pembeda lainnya dari kedua produk ini adalah soal konektivitas. Walaupun keduanya telah dibekali dengan dongle wifi sehingga bisa menggunakan jaringan wifi untuk mengakses youtube dan lainnya. Namun, pada Luby 02 telah dibekali konektivitas IPTV yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan siaran berbasis privat atau berbayar.

5. Jumlah Tombol

Tombol ini sebenarnya sama fungsinya seperti pada remote yang diberikan. Namun, jumlah tombol juga akan mempengaruhi aksesbilitas penggunaan STB. STB luby 1 sendiri dibekali 7 tombol sedangkan luby 2 lebih sedikt yaitu dengan 3 tombol saja.

6. Desain

Secara visual STB luby 01 dan 02 dapat terlihat dari perbedaan desainnya. Walaupun sebenarnya keduanya hampir sama, namun dalam ketebalan dapat terlihat bahwa luby 01 yang notabanenya produk lawat malah terlihat lebih sedikit tipis dibandingkan luby 02.

7. Chipset

Chipset adalah otak dari STB. Luby 01 menggunakan chipset Guoxin. Sedangkan Luby 02 menggunakan chupset sunplus. Belum banyak media yang mengulas secara detail tentang perbandingan keduanya. Tetapi dalam pengalaman penggunaan luby 01 dan luby 02 ditempat yang sama, chanel yang didapatkan luby 01 sebanyak 28 dan luby 02 sebanyak 38 channel. 

8. Harga

Luby 02 adalah produk yang lebih baru dari luby 01, tetapi soal harga luby 01 malah lebih mahal daripada luby 02 yang lebih baru. Keduanya dibandrol dengan harga dikisaran 178 hingga 199 ribu rupiah.

Kesimpulan

Perbedaan STB Luby 01 dan 02 terdapat pada 7 poin utama yaitu jumlah port usb, kapasitas memori, tampilan menu, kektivitas, julah tombol, desain secara chipset. Luby 02 memiliki keunggulan di sistem pendukungnya dengan chipset sunplus yang didukung memori sebesar 4 MP. Jumlah channel tidak selalu ditentukan oleh keduanya, oleh karena itu Anda bisa mengecek kekuatan sinyal digital dilokasi terlebih dahulu.

Posting Komentar