Cara Pasang Parabola Mini
Cara Pasang Parabola Mini

Cara Pasang Parabola Mini Dengan Mudah - Parabola menjadi salah satu alat untuk dapat menikmati berbagai macam hiburan baik lokal maupun internasional. Berbeda halnya dengan tv analog maupun digital, parabola menawarkan berbagai macam tayangan yang sangat jernih dengan kualitas HD serta siaran yang lebih beragam. Jika kita bayangkan parabola tentu pikiran kita akan mengarah ke antena besar yang berbentuk lingkaran. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan parabola dengan ukuran mini yang dapat menghemat ruang serta mempermudah dalam pemasangannya. Bagi Anda yang ingin memasang parabola tanpa bantuan penyedia jasa pemasangan tentu hal ini dapat Anda lakukan. 

Tips dan Cara Memasang Parabola Mini

1. Pilih Antena Parabola Terbaik

Antena Parabola yang dimaksud disini adalah piringan yang berbentuk lingkaran. Kualitas dari siaran yang diterima juga akan bergantung dengan kualitas dari parabola. Harga dan brand memiliki peranan penting terhadap kualitas dish parabola. Sebelumnya, Anda juga perlu mencermati apakah Anda membutuhkan parabola dengan frekuensi c-band, ku-band maupun s-band karena ketiga ini memiliki metode pemasangan lnb yang berbeda. Untuk perbedaan dari ketiga jenis parabola tersebut bisa Anda baca pada artikel jenis parabola. 

2. Pilih Receiver Parabola Terbaik

Harga dan brand juga sangat berpengaruh terhadap kualitas. Biasanya parabola akan memberikan paket beserta receivernya, namun Anda juga bisa mendapatkannya secara terpisah disesuaikan dengan kebutuhan. Jika yang ingin didapatkan adalah siaran free to air atau gratis, maka bisa Anda memilih receiver biasa. Namun, apabila Anda menginginkan siaran berbayar maka Anda bisa memilih receiver seperti milik K-Vision atau Nex Media. 

3. Persiapkan Peralatan Pemasangan

Peralatan ini nanti akan berkaitan dengan pemasangan dari disk parabola. Beberapa alat yang perlu Anda siapkan diantaranya Bor Listrik, kunci ukuran 10 hingga 19, Tang, Baut serta Sekrup yang biasanya sudah terdapat di box parabola. 

4. Tentukan Lokasi Pemasangan Parabola

Pilih lokasi pemasangan yang nantinya dapat mempermudah Anda dalam memutar posisi dari parabola. Posisikan juga di tempat yang tidak terhalang oleh bangunan lain agar sinyal tidak terhalang. Setelah lokasi ditentukan pasang tiang penyangga parabola. Posisikan tiang penyangga berdiri mendekati sudut tegak lurus dengan bidang horizontal. Ataupun jika tiang akan dipasangkan pada dinding maka posisikan tiang berdiri tegak lurus dengan dinding. Pastikan penyangga telah berdiri kokoh untuk menopang berat dari dish parabola. 

5. Pasang Dish Parabola

Dish inilah yang nantinya berfungsi untuk memantulkan sinyal yang akan dintangkap lnb. Untuk mempermudah dalam pemasangan, pasang dahulu lnb di dish parabola sebelum dipasangkan ke tiang penyangga parabola. Dish nantinya dipasangkan pada dudukan yang disebut dengan mounting. Mounting ini memiliki fungsi untuk mengatur sudut kemiringan parabola untuk mendapatkan sinyal terbaik. Sudut kemiringan disesuaikan dengan arah satelit yang dituju. Setelah pemasangan selesai hubungkan lnb dengan receiver menggunakan kabel konektor dan sambungkan receiver ke televisi untuk mendapatkan siaran satelit. 

6. Cek Signal

Pada tahap ini setidaknya diperlukan 2 orang. 1 orang didepan televisi untuk mengamati kualitas sinyal dan satu lagi berperan untuk mengatur kemiringan parabola. Namun, beberapa parabola saat ini telah dilengkapi remote yang dapat digunakan untuk menggerakkan parabola. Proses ini dapat dilakukan dengan memilih satu kanal siaran untuk dijadikan acuan kekuatan sinyal yang didapatkan. Lihat pada bagian indikator sinyal. Semakin penuh indikator maka kekuatan sinyal semakin kuat. Setelah didapatkan signal yang cukup bagus, lakukan pencarian kanal lainnya kembali dengan fasilitas program dari receiver.

Pada dasarnya Cara Pasang Parabola Mini tidaklah sulit, namun kita tetap harus memperhatikan beberapa tahapan diatas agar signal yang didapatkan memiliki kualitas baik.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama