Menentukan Arah LNB Parabola Yang Benar

Menentukan Arah LNB Parabola Yang Benar - Dalam mencari sinyal pada siaran parabola, selain arah dari parabola, arah dari LNB juga mempengaruhi sinyal

Menentukan Arah LNB Parabola Yang Benar
Menentukan Arah LNB Parabola Yang Benar

Menentukan Arah LNB Parabola Yang Benar - Dalam mencari sinyal pada siaran parabola, selain arah dari parabola, arah dari LNB juga akan mempengaruhi kekuatan dari sinyal diterima. Kekuatan sinyal inilah yang nantinya akan menentukan jernih tidaknya siaran yang di terima di televisi Anda. Maka dari itu, Anda tidak boleh asal begitu saja memasang arah dari parabola maupun arah dari lnb parabola. Berikut kita akan masuk pada pokok pembahasan. 

Bagaimana Cara Menentukan Arah LNB Parabola Yang Benar?

Menentukan 0 Derajat LNB Parabola

Ini merupakan langkah awal sebelum Anda memasang parabola. Di LNB parabola besar biasanya terdapat angka 30, 0, dan 30. Ini ditunjukkan untuk menentukan adah polaritas vertikal dan polaritas horizontal pada LNB Parabola. Dalam melakukan pemasangan Anda harus memperhatikan hal berikut ini:

  1. Pasang garis 0 mengarah pada posisi horizontal dengan mengarahkan pada arah barat atau timur. 
  2. Pada LNB di bagian tengahnya terdapat besi yang memiliki diameter 6 - 9 milimeter, dan besi ini dapat difungsikan sebagai bantalan pada antena. 
  3. Posisi pemasangan arah LNB Parabola dapat diarahkan ke barat atau timur. 
  4. Untuk memberikan akurasi yang baik pada penentuan 0 derajat pada LNB Parabola, pemasangan LNB bisa disejajarkan pada bantalan antena. 

Menentukan Arah Parabola ke Satelit

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalan menentukan arah parabola ke satelit. Yang perlu Anda lakukan hanya mengecek koordinat pada goggle maps serta melakukan sedikit riset tentang lokasi dari satelit yang akan kita cari. 

Mengecek Koordinat melalui Google Maps

  1. Aktifkan GPS pada Smartphone;
  2. Buka Aplikasi Google Mpas;
  3. Cek Lokasi Anda;
  4. Tekan titik biru hingga muncul Pin warna merah;
  5. Pada bar bagian atas akan terlihat koordinat Anda dalam bentuk desimql;
  6. Jika dirasa kurang pas, dan ingin mengcooy koordinat serta menginginkan koordinat dalam bentuk derajat maka hapus lokasi di bagian bar kemudian pilih history pada bar yang menggunakan koordinat desimal sebelumnya;
  7. Pin langsung akan menunjukkan lokasi sebelumnya dan akan menampilkan koordinat dalam bentuk derajat pada bagian bawah.
  8. Jika dirasa kurang pas Anda bisa menggesernya sesuai lokasi, dan Anda bisa mengcopy koordinat tersebut. 

Mengatur Arah Parabola ke Satelit

  1. Setelah Anda mengetahui koordinat lokasi tempat untuk dalam pemasangan parabola, maka lakukan riset tentang lokasi koordinat dari satelit yang dituju. Anda bisa mendapatkan informasi dari internet.
  2. Biasanya satelit ada di area geostasioner atau di garis khatulistiwa.
  3. Jika di maps lokasi Anda berada di utara atau ditunjukkan adanya huruf N di derajat koordinat maka parabola di arahkan ke selatan.
  4. Jika pada maps lokasi menunjukkan huruf S maka Anda berada di wilayah selatan khatulistiwa dan parabola harus di arahkan ke arah utara.
  5. Untuk arah ke Barat atau Timur ini juga ditentukan dari lokasi satelit terhadap lokasi Anda. Dan semakin jauh lokasi Anda dari satelit maka semakin sejajar pula arah satelit ke arah Barat atau Timur. Untuk lebih lengkapnya kita akan membahas ini khusus di sudut elevasi parabola. 

Menentukan Sudut Elevasi Parabola dan Inklinasi Parabola

Dalam pembahan ini kita akan mencoba mengarahkan parabola ke satelit palapa yang berada di 113,5 derajat bujur timur (BT). Sedangkan contoh lokasi parabola yang kita gunakan di 1 LU (N) dan 103 E (BT). Berikut cara untuk mengecek apakah kemiringan parabola sudah sesuai atau belum. 

  1. Gunakan garis busur derajat, tempelkan pada bawah parabola yang memiliki tempat rata. 
  2. Untuk menetukan inklinasi, pastikan sebelah kiri penggaris mengarah ke utara dan kanan sebelah selatan.
  3. Gantungkan sebuah tali dengan beban di bawahnya. Angka 90 merupakan titik tengah. Apabika tali berada di angka 91 yaitu di sebelah kanan angka 90, maka sudut inklinasi sudah sesuai yaitu 1 derajat ke selatan.
  4. Hitung sudut elevasi dengan cara : koordinat satelit - koordinat parabola. Contoh : 113,5 - 103 = 10,5 derajar. Yang artinya parabola harus dimiringkan 10,5 derajat ke arah timur.
  5. Untuk mengecek sudut elevasi, pastikan sebelah kiri penggaris merupakan sebelah timur dan kanan adalah sebelah barat. Letakkan penggaris seperti cara sebelumnya.
  6. Gantungkan kembali tali dan beban di tengah penggaris. 
  7. Jika tali di posisi angka 79,5 maka kemiringan sudah sesuai. Perhitungannya yaitu 90 - 79,5 = 10,5 dan ini sudah sesuai dengan perhitungan sebelumnya.
  8. Kencangkan baut pada parabola agar posisi tidak berubah.
Inilah tips Bagaimana Cara Menentukan Arah LNB Parabola Yang Benar agar siaran yang Anda dapatkan memiliki kualitas sinyal yang baik.

Posting Komentar